Sperma Tidak Sehat Gara-gara 4 Kegiatan Ini!

sperma tidak sehat

Sperma tidak sehat ternyata dapat terjadi oleh berbagai faktor. Bahkan beberapa kegiatan sehari-hari sering kali tidak disadari merusak sperma. Lalu apa saja kegiatan yang merusak sperma? Simak terus artikel ini!

Ketika Anda sedang merencanakan kehamilan maka memerhatikan kondisi dari sperma ini sangatlah penting. Pasalnya selain sel telur yang sehat, sperma sehat juga menunjang keberhasilan Anda dalam membuahi sel telur dan berujung kepada kehamilan.

Meskipun pria menghasilkan jutaan sperma per harinya (dibandingkan dengan perempuan yang melepaskan sel telur sejumlah 300-400 selama hidup mereka), faktor eksternal seperti suhu dapat sangat mempengaruhi kesehatan sperma.

4 Kegiatan yang Membuat Sperma Tidak Sehat

Sperma merupakan hal yang penting bagi pria. Tanpa sperma yang subur proses pembuahan tidak akan terjadi. Berikut ini 4 kegiatan yang tidak Anda sadari dapat merusak sperma.

1. Celana Terlalu Ketat

Sudah menjadi rahasia umum, apabila menggunakan celana terlalu ketat ternyata bisa meningkatkan suhu pada testis. Peningkatan suhu ini tentu berimbas pada menurunnya jumlah serta kualitas sperma pada pria.

Maka dari itu mulai dari sekarang cobalah untuk menggunakan celana yang longgar agar sel sperma Anda tetap dalam kondisi yang sehat. Terlebih lagi ketika tidur cobalah untuk menggunakan celana yang longgar.

2. Terlalu Lama Duduk

Secara tidak sadar, terlalu lama duduk menonton TV atau bekerja, selain bisa menyebabkan obesitas, juga dapat mengurangi jumlah produksi sperma. Loh, kok bisa? Simak terus artikel ini!

Penelitian dari British Journal of Sports Medicine telah menyebutkan, jika pria yang melakukan banyak aktifitas fisik secara teratur serta menghindari menonton TV berlebihan, ternyata kualitas seperma yang dihasilkan akan lebih baik.

3. Jarang Berhubungan Intim

Penyebab laki-laki kurang subur selanjutnya adalah jarang melakukan hubungan intim dengan pasangan. Hal ini memang bisa menurunkan kualitas sperma, karena dapat menyebabkan bentuk sperma yang berubah menjadi tidak Sea

Umumnya, rata-rata pasangan suami istri melakukan bercinta yaitu dua sampai tiga kali dalam seminggu. Agar tidak bosan cobalah untuk beragam posisi agar sesi bercinta tetap memuaskan dan menggairahkan.

4. Terpapar Suhu Panas

Berbagai situasi dapat menyebabkan bagian organ reproduksi pria kepanasan. Misalnya seperti mandi air panas atau sauna. Bahkan hal-hal sepele seperti penggunaan laptop dalam jangka panjang di atas bagian reproduksi juga berdampak buruk.

Kegiatan-kegiatan tersebut mampu mempengaruhi jumlah sperma. Hal ini terjadi karena tekanan yang terjadi antara pangkal paha dan panas yang dihasilkan dari laptop dapat mengkerutkan skrotum.

Nah, itu beberapa kegiatan sehari-hati yang dapat membuat sperma tidak sehat. Mulai dari sekarang hindari atau kurangi beberapa kegiatan di atas agar program kehamilan Anda dengan pasangan dapat berjalan dengan maksimal.

Referensi:
Hellosehat.com

Ilustrasi gambar by Freepik

 

Tinggalkan Balasan