Sperma Tidak Subur Karena Keseringan Bergadang

sperma tidak subur

Begadang menjadi kegiatan yang sering dilakukan pria entah untuk menonton bola atau lainnya. Akan tetapi tahukah Anda jika terlalu sering begadang dapat menyebabkan sperma tidak subur, kok bisa? Simak artikel ini hingga selesai!

Pada umumnya pria menghasilkan 535 miliar lebih sel sperma seumur hidupnya. Namun, kualitas sperma bisa menurun, karena akan sangat bergantung pada beragam faktor eksternal seperti kebiasaan sehari-hari Anda salah satunya begadang.

Anda yang terbiasa begadang atau tidur larut malam perlu mulai waspada sekarang. Karena, kurang tidur adalah salah satu faktor yang ternyata bisa merusak sperma. Ditambah lagi, kualitas sperma yang buruk bisa berdampak pada kesuburan Anda.

Kenapa Kurang Tidur dapat Menyebabkan Sperma Tidak Subur?

sperma yang terbentuk sempurna jika dibandingkan dengan kelompok pria yang mendapatkan cukup tidur kurang lebih 7-8 jam per malam. Sperma milik pria yang suka begadang ditemukan berumur lebih pendek dari milik pria yang cukup tidur 8 jam setiap hari.

Kedua studi tersebut, yang satu dari Harbin Medical University di Cina awal 2017 lalu dan lainnya dari University of Southern Denmark tahun 2013, hanya menemukan keterkaitan dengan kualitas sperma yang memburuk dan bukannya hubungan sebab-akibat langsung.

Selain itu begadang juga dapat memengaruhi produksi testosteron Anda. Testosteron diperlukan untuk reproduksi, dan sebagian besar pelepasan testosteron setiap hari terjadi pada saat tidur.

Cara Memngembalikan Kualitas Sperma Menjadi Lebih Baik

Jika Anda sedang program kehamilan maka penting untuk selalu menjaga kondisi sperma Anda tetap prima. Nah, terdapat beragam cara yang bisa Anda coba agar bisa mengembalikan kualitas sperma, berikut beragam caranya.

  • Olahraga secara teratur.
  • Menjaga berat bada tetap ideal.
  • Ganti makanan menjadi makanan sehat.
  • Mengurangi atau menghindari stres.
  • Kurang minum-minuman beralkohol.
  • Menjaga suhu tubuh tetap normal.
  • Kurangi memakai celana ketat.

Nah, itu tadi beberapa cara yang bisa Anda coba untuk mengembalikan sperma tidak subur menjadi sperma subur. Namun, jika Anda sedang mengalam masalah Impotensi dan juga Ejakulasi dini solusinya adalah berkonsultasi di Klinik Lelaki.

Tinggalkan Balasan