Spermatogenesis, Proses Pembentukan dan Tips Menjaganya

Spermatogenesis

Spermatogenesis ialah proses dimana tubuh melakukan pembentukan atau pematangan pada sel sperma pria. Proses ini sangatlah penting untuk menunjang kualitas dari sperma yang dihasilkan untuk membuahi sel telur hingga bisa menjadi janin.

Sperma merupakan hal paling penting bagi pria. Melalui sperma pria ini wanita bisa mengalami kehamilan sehingga bisa mendapatkan seorang keturunan. Setiap pria ejakulasi, setidaknya mengeluarkan 20 juta sel sperma.

Dikutip dari The Ture Clinic, sperma terbentuk di dalam testis melalui proses Spermatogenesis. Dalam proses ini, sel induk sperma akan memperbanyak diri melalui mitosis dan miosis. Sel sperma ini diproduksi di tubulus seminiferus bagian dalam testis.

klinik lelaki

Proses Pembentukan sperma atau Spermatogenesis

Alat reproduksi atau kelamin pria pada dasarnya memiliki beberapa bagian yaitu, testis, sistem saluran Epididimis dan Vas Deferens, Vesikula Seminalis, kelenjar prostat, serta penis. Nah, bagian untuk membentuk sperma ini terdapat di bagian testis.

Sperma yang norma memiliki bentuk kepala lonjong serta ekornya panjang. Sperma menggunakan ekornya untuk berenang dan menembus sel telur pada wanita. Lalu bagaimana proses testis menghasilkan sperma dengan kualitas baik?

Proses pembentukan sperma ini disebut dengan Spermatogenesis. Sperma di proses di dalam testis dan proses ini terjadi secara terus-menerus selama pria masih hidup. Spermatogenesis menghasilkan satu spermatosit yang nantinya akan membelah kembali menghasilkan 4 sperma dengan ukuran lebih kecil.

Tips Menjaga Kesehatan Sperma

Setelah mengetahui apa itu Spermatogenesis, selanjutnya adalah ketahui cara menjaga sperma tetap sehat. Hal ini sangat penting terlebih jika Anda sedang ingin mendapatkan keturunan, berikut beberapa tipsnya.

1. Menjaga Berat Badan

Beberapa penelitian telah menemukan bahwa berat badan yang berlebihan dapat berkaitan dengan penurunan jumlah sperma serta berpengaruh pada pergerakan sperma untuk mencapai sel telur. Oleh karena itu jaga berat badan Anda tetap ideal.

2. Konsumsi Makanan yang Sehat

Mengonsumsi makanan yang sehat dapat membuat kualitas sperma Anda dalam kondisi terbaiknya. Konsumsi makanan seperti buah dan sayuran yang tinggi akan Antioksida. Antioksida ini dapat menjaga kesehatan dan memperbaiki kualitas sperma.

3. Kelola Stres

Stres merupakan salah satu penyebab performa Anda di atas ranjang menurun, mulai dari segi kualitas ereksi hingga berpengaruh pada kualitas sperma. Oleh karena itu ketika Anda stres mulailah untuk mengelolanya bisa dengan relaksasi, yoga, meditasi, dan lain-lain.

4. Olahraga Rutin

Olahraga dengan intensitas yang rutin dapat membuat kualitas sperma menjadi lebih baik. Lakukan olahraga ini sekitar 3 kali dalam seminggu untuk peningkatan jumlah sperma yang lebih maksimal. Anda bisa berolahraga seperti lari atau olahraga ringan seperti push-up, sit-up, dan lain-lain.

Meski proses Spermatogenesis ini sering kali tidak disadari, alangkah baiknya menjaga kualitas sperma tetap optimal hal yang penting. Oleh karena itu untuk menjaganya Anda bisa mencoba beberapa cara di atas.

Referensi:
Popmama.com

Ilustrasi gambar by Freepik

Tinggalkan Balasan