Testosteron Berlebih Apakah Berbahaya ?

Testosteron Berlebih
©Freepik

Hormon Testosteron merupakan jenis hormon yang paling penting bagi pria untuk menunjang kegiatan seksual agar berjalan dengan lancar. Namun, jika memiliki Testosteron berlebih apakah kegiatan seksual juga akan semakin menyenangkan? Simak jawabannya di artikel ini!

Bagi pria hormon testosteron merupakan hormon paling penting karena dapat menunjang gairah seksual pada pria. Ketika memiliki Testosteron yang rendah tentunya kegiatan seksual akan kurang menyenangkan karena gairah ketika bercinta tidak akan timbul.

Lalu apakah dengan hormon berlebih juga dapat membuat gairah semakin tinggi? Ternyata jawabannya tidak. Ternyata ketika hormon ini terlalu tinggi malah dapat menimbulkan beragam gangguan pada kesehatan Anda, apa saja gangguannya?

klinik lelaki

3 Dampak Testosteron Berlebih

Hormon Testosteron yang berlebih ini disebabkan oleh beberapa hal mulai dari tumor yang tumbuh pada area dekat kelenjar penghasil hormon, mengonsumsi pil atau disuntik hormon Testosteron dan mengonsumsi steroid.

Untuk efek dari Testosteron berlebih ini umumnya tergantung dengan usia serta jenis kelamin. Lalu apa saja dampak dari kelebihan hormon Testosteron ini? Berikut Klinik Lelaki telah merangkumnya dari berbagai sumber.

1. Kulit Wajah Menjadi Lebih Berminyak dan Berjerawat

Dampak pertama dari kelebihan hormon ini adalah kulit wajah menjadi lebih berminyak. Hal ini terjadi akibat kadar DHT atau Dihidrotestosteron meningkat, karena peningkatan dari hormon Testosteron itu sendiri.

Karena kadar dari Testosteron ini tinggi menyebabkan produksi sebum minyak pada wajah menjadi meningkat sehingga menyumbat pori-pori wajah. Karena penyumbatan inilah menimbulkan gangguan jerawat pada area wajah.

2. Kebotakan

Bagi sebagian orang rambut merupakan mahkota untuk menunjang penampilannya sehari-hari. Jika Anda menganggap rambut merupakan hal yang penting mulai dari sekarang harus berhati-hati karena kelebihan Testosteron ini dapat menyebabkan kebotakan.

Umumnya gejala awal dari kerontokan rambut akibat kadar Testosteron ini dimulai dari bagian simpul rambut kepala Anda. Setelah itu akan berlanjut kerontokan pada area pelipis, dan jika dibiarkan semakin lama akan berlanjut ke seluruh bagian kepala.

3. Kelebihan Sel Darah Merah dan Hemoglobin

Dampak selanjutnya dari kelebihan hormon ini adalah kadar sel darah merah menjadi tinggi dan juga menyebabkan hemoglobin. Pada pria berusia tua peningkatan sel darah ini sangat berbahaya karena dapat menimbulkan adanya serangan jantung dan juga stroke.

Kelebihan sel darah merah juga bisa menimbulkan komplikasi lain seperti penyumbatan pembuluh darah. Tentunya penyumbatan ini sangat berbahaya jika dibiarkan terus menerus, jika penyumbatan ini terjadi pada pembuluh darah di penis maka bisa menimbulkan impotensi.

Kelebihan Testosteron ini bisa Anda atasi dengan memakan makanan rendah karbohidrat, Buah bit dan mengonsumsi makanan lemak trans. Jadi jika Anda mengalami 3 hal di atas kemungkinan kelebihan hormon Testosteron.

Referensi:
hellosehat.com, klikdokter.com, medcom.id

Tinggalkan Balasan