5 Tips Seks Bagi Lansia Agar Tetap Aman

tips seks

Umur yang tidak lagi muda bukan berarti menjadi penghalang Anda dan pasangan menikmati seks. Namun, tentu bagi lansia yang akan berhubungan intim terdapat beberapa hal yang harus diperhatikan. Simak artikel 5 tips seks bagi lansia agar tetap aman di bawah ini.

Bercinta bukan hanya dimiliki oleh mereka yang masih berusia muda atau produktif saja. Orang dewasa yang sudah berumur lebih 50 tahun juga bisa tetap aktif dalam bercinta. Terlebih lagi biasanya lansia juga sudah memiliki banyak pengalaman terkait bercinta ini.

Hubungan intim dapat menjadi pengalaman emosional yang kuat dan cara yang baik untuk meningkatkan kesehatan semua orang, tidak terkecuali para lansia. Bercinta ketika di atas 50 tahun dapat menjadi tantangan tersendiri.  Agar lebih aman dan tetap menggairahkan ada beberapa tips seks yang harus Anda perhatikan.

Tips Seks Bagi Mereka yang Sudah Tidak Muda

Untuk menunjang sesi bercinta Anda dengan pasangan yang sudah tidak muda lagi, agar tetap menggairahkan seperti masih muda ada beberapa langkah yang harus ditambahkan ketika akan bercinta, berikut beberapa langkahnya.

1. Melakukan Medical Check-up Terlebih Dahulu

Cara terbaik untuk melindungi Anda dan pasangan saat akan melakukan hubungan seks adalah dengan melakukan pemeriksaan kesehatan rutin. Saat usia senja, imunitas tubuh mulai melemah dan mudah terserang penyakit. Anda juga pastinya tak ingin terserang penyakit menular seksual di masa tua.

2. Coba untuk Seks di Pagi Hari

Saat pagi hari Anda memiliki energi paling banyak, berbeda dengan malam hari ketika segudang aktivitas sudah Anda selesaikan. Energi di pagi ini bisa Anda gunakan untuk melakukan hubungan seks dengan pasangan.

3. Kondom Merupakan Faktor Penting

Health in Aging menyarankan untuk memakai kondom saat berhubungan seks. Penggunaan kondom sendiri agar tak tertular infeksi menular seksual (IMS), karena meski sudah berumur IMS tetap bisa menulari.

4. Penggunaan Pelumas

Seiring bertambahnya usia wanita maka produksi cairan lubrikasi alami pada vagina akan berkurang. Sehingga penggunaan pelumas ini sangat penting untuk mencegah lecet pada vagina. Pilihlah pelumas dengan bahan air agar lebih aman.

5. Gunakan Posisi Seks yang Sederhana

Menggunakan posisi bercinta yang sederhana dapat mencegah Anda dan pasangan terkena cedera akibat salah dalam posisi seks. Cobalah posisi sederhana seperti misionaris dan spooning. Dengan kedua posisi bercinta ini Anda masih bisa merasakan sensasi bercinta yang menggairahkan.

Bercinta merupakan kegiatan yang menyenangkan sekaligus menyehatkan. Oleh karena itu tentunya semua orang harus tetap merasakan bercinta termasuk bagi mereka yang sudah tidak berusia muda lagi, coba beberapa tips seks di atas.

Referensi:
CNNindonesia.com

Ilustrasi gambar by Freepik

Tinggalkan Balasan