Mitos Atau Fakta Turun Berok Pengaruhi Kesuburan dan Impotensi

turun berok

Turun berok merupakan masalah yang sering di alami pria, masalah ini sering kali dikaitkan dengan kesuburan dan impotensi. Lalu apakah benar masalah ini dapat menyebabkan mandul dan impotensi? Simak jawabannya pada artikel di bawah ini!

Pernahkah Anda merasakan adanya benjolan pada area selangkangan yang menyebabkan sakit dan rasa tidak nyaman? Anda perlu waspada itu bisa jadi gejala dari masalah yang cukup mengganggu yaitu turun berok.

Apa itu turun berok? Dalam dunia medis kondisi In disebut jua sebagai hernia gangguan yang umum terjadi pada kebanyakan orang. Masalah ini terjadi akibat organ dan jaringan di dalam tubuh Anda menonjol keluar melawati celah pada otot penyangga di dalam tubuh. Biasanya masalah ini sering terjadi di perut, pusar, dan selangkangan.

klinik lelaki

Jenis-jenis Hernia atau Turun Berok

Hernia merupakan masalah yang jika dibiarkan dapat mengganggu aktivitas Anda. Hernia biasanya disebabkan oleh obesitas, gym, batuk terlalu parah, penyakit paru kronis, cairan pada rongga perut dan turunan dari keluarga. Ada beber[a jenis hernia yaitu:

  • Hernia inguinalis: Hernia yang terjadi di saluran inguinalis (paling umum)
  • Hernia femoralis: Hernia yang terjadi di saluran femoralis
  • Hernia velpeau: Hernia yang terjadi di depan pembuluh darah femoralis (jarang terjadi)

Banyak pria yang beranggapan jika operasi hernia dapat menyebabkan masalah kesuburan dan impoten. Lalu apakah pernyataan ini benar? Atau mitos belaka?

Mitos Atau Fakta Turun Berok Menyebabkan Mandul dan Impotensi

Masalah hernia ini sering kali dikaitkan dengan masalah kesuburan dan impotensi. Anggapan mengenai hernia dapat menyebabkan gangguan kesuburan dan impotensi ini adalah mitos belaka. Berikut penjelasannya.

1. Turun Berok dan Hernia Mempengaruhi Kesuburan

Pembedahan ketika hernia sering kali diangga menjadi penyebab tidak subur pada pria. Tapi faktanya ketika pembedahan hernia akan dilakukan dengan metode laparoskopi. Metode ini dilakukan melalui lubang kecil pada perut sehingga tidak melibatkan  pembuluh darah atau saraf pada skrotum. Maka dari itu, operasi ini terbilang aman dan tidak menyebabkan kemandulan pada pria.

2. Hernia dan Impotensi

Apabila seseorang yang mengidap turun berok inguinal, ereksi atau kemampuan penisnya untuk tegak tidak akan terganggu. Hal ini dikarenakan gangguan tipe ini tidak menekan pembuluh darah yang dapat mengendalikan ereksi pada seseorang.  Jadi dapat disimpulkan hernia tidak menyebabkan impotensi.

Masalah kesehatan  hernia lebih sering di alami pria dibanding pria, sehingga banyak mitos yang beredar tentang penyakit ini. Jadi dapat disimpulkan masalah turun berok ini tidak dapat menyebabkan gangguan kesuburan dan juga impotensi.

Referensi:
Halodoc.com

Ilustrasi gambar by Freepik

Tinggalkan Balasan