pria tidak subur

Waspada Hipospadia Membuat Pria Tidak Subur

pria tidak subur

Mungkin Anda baru mendengar Hipospadia, namun apakah benar Hipospadia dapat menyebabkan pria tidak subur? Simak artikel ini!

Hipospadia adalah kondisi bawaan lahir yang membuat lubang kencing terletak di sisi bawah batang penis, bukannya di ujung kepala penis pada umumnya. Beberapa kasus Hipospodia juga menemukan lubang uretra yang terletak di pertemuan antara batang penis dengan kantong buah zakar (pojok pangkal penis).

Baca juga: Sayuran dan Buah Berwarna Merah ini Ampuh Atasi Impotensi

Kelainan pada lubang uretra ini terbentuk saat usia kehamilan sekitar 8 sampai 14 minggu. Selain lubang kencing yang tidak berada di ujung penis, pasien biasanya memiliki penis yang melengkung. Ini dapat menyebabkan pria kesulitan untuk kencing sehingga harus buang air dengan posisi jongkok atau duduk.

ilustrasi Hipospadia

Dilansir dari SehatQ, berikut ini penyebab hipospadia membuat pria tidak subur:

Kelainan hipospadia sering disertai dengan kelainan lainnya, yaitu undesensus testis atau kriptorkismus. Kondisi ini juga menjadi penyebab kemandulan pada pria. Pada masa awal pembentukan, testis kanan berada dalam rongga abdomen kemudian akan mengalami penurunan menuju skrotum. Pada kondisi kriptorkismus, testis gagal turun ke skrotum.

Testis yang tidak mengalami penurunan bisa menjadi penyebab kemandulan pada pria. Potensi kemandulan akan semakin meningkat bila kriptorkismus terjadi pada kedua testis. Jika hanya satu testis yang tidak turun, umumnya fungsi fertilitas akan tetap baik.

Testis berperan dalam pembuatan dan penyimpanan sperma. Testis perlu berada dalam suhu di bawah suhu tubuh agar bisa memproduksi sperma dengan baik. Dengan berada pada rongga abdomen, suhu pada testis akan meningkat dibandingkan normal dan memengaruhi produksi sperma.

Baca juga: Tips Mencegah Ejakulasi Dini, Pria Wajib Tahu

Selain menjadi penyebab kemandulan pada pria, kriptorkismus juga meningkatkan risiko mengalami torsi testis dan tumor saat dewasa. Saat bertambah dewasa, kondisi ini sering dikaitkan dengan terjadinya hernia inguinal. Penampilan skrotum yang tidak berisi atau asimetris juga dapat membuat penderitanya mengalami penurunan kepercayaan diri.

Jika saat lahir testis belum turun ke dalam skrotum, Anda dapat menunggu hingga 6 bulan. Apabila 6 bulan testis tak kunjung turun, maka harus dilakukan operasi yang dinamakan Orkiopeksi. Operasi ini dilakukan dengan membuat sayatan kecil di lihat paha, kemudian testis dibawa turun ke skrotum dan diperbaiki.

Berpotensi Gagah Kembali dalam 3 Hari Saja!

Jika Anda mengalami penyakit Impotensi atau Ejakulasi Dini segera tanya dengan Dokter yang sudah berpengalaman hanya di Klinik Lelaki GRATIS.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *