Waspada, Mendengkur Saat Tidur Beresiko Impotensi

mendengkur impotensi

mendengkur impotensi

Mendengkur atau biasa disebut ngorok seringkali dianggap hal yang biasa terjadi saat tidur dan disepelekan. Padahal dalam dunia medis, mendengkur bisa jadi berakibat fatal. Resiko mendengkur saat tidur mulai dari hipotensi, impotensi pada pria, bahkan dapat menyebabkan kematian.

Khusus untuk laki-laki, mendengkur saat tidur beresiko mempengaruhi performa seksual, mulai dari menurunkan libido atau gairah seksual, sampai dapat menyebabkan pria mengalami disfungsi ereksi atau impotensi. 

Mendengkur Dapat Menyebabkan Impotensi

Hal ini dijelaskan oleh Andreas Prasadja, dokter spesialis kesehatan tidur dari RS Mitra Kemayoran, “Ya, benar banget (mendengkur menyebabkan disfungsi ereksi),” tuturnya ketika dihubungi oleh CNN Indonesia, Selasa (18/11).

Dokter Andreas Prasadja atau yang lebih akrab disapa Ade ini menjelaskan, untuk dapat ereksi dengan sehat, penis harus sering dilatih. Caranya bukan dengan anda berpikir atau berfantasi seksual, tetapi otomatis dilatih saat tidur.

Ada empat tahap tidur sehat yang harus dilalui setiap orang, yaitu tahap N1 (tidur ringan), N2 (tidur sedang), N3 (tidur dalam), dan tahap R (REM atau Rapid Eye Movement) atau biasa dikenal dengan waktu tidur dan bermimpi.

Dalam kondisi yang normal, penis pria akan ereksi ketika anda memasuki tahapan tidur R. Kondisi penis ereksi ini akan berlangsung sampai anda terbangun di pagi hari. Pada tahap tidur R inilah ereksi penis akan dilatih secara otomatis..

Ade menambahkan, “Pada pria yang mengalami sleep apnea, tahap tidur R-nya akan berkurang atau bahkan nol. Ini menyebabkan libidonya berkurang, lama-lama disfungsi ereksi.” 

Penyebab Pria Mendengkur Saat Tidur

Sleep apnea adalah adanya gangguan nafas saat pria sedang tidur. Gejala yang paling terlihat jelas adalah jika anda mendengkur atau ngorok saat sedang tidur.

Sleep apnea menyebabkan terpotongnya gelombang otak tanda sadar. Pria yang mengidap apnea akan terbangun disebabkan saluran nafas yang tersumbat. Hal ini berakibat terganggunya tahan tidur R penderitanya. Jika keadaan ini dibiarkan begitu saja, tentunya kualitas tidur akan menurun.

Bahaya Yang Disebabkan Tidur Mendengkur

“Penderitanya akan ngantuk berlebihan atau disebut hipersomnia (kebalikan dari insomnia). Tanda awalnya libido jelek, pria akan lebih memilih tidur dibanding bermesraan,” Ade menambahkan. 

Selain itu, memiliki keluhan sleep apnea bisa mengakibatkan hal yang fatal bahkan dapat mengancam nyawa. Menurut Ade, sleep apnea yang tidak diobati dapat menyebabkan hipertensi, diabetes, stroke, hingga gangguan jantung.

“Jadi tidur ngorok itu tidak boleh disepelekan dan harus diobati,” kata Ade menutup perbincangan.

Cara Mengobati Gejala Mendengkur Saat Tidur

  1. Dapatkan berat badan ideal
  2. Terapkan gaya hidup sehat
  3. Olahraga Teratur
  4. Hindari konsumsi alkohol, rokok dan obat-obatan tertentu
  5. Ubah Posisi Tidur dari telentang menjadi menyamping dengan posisi kepala lebih tinggi dari badan.
  6. Konsultasikan dengan dokter spesialis THT tentang masalah mendengkur anda
  7. konsultasi dengan dokter spesialis andrologi jika anda mengalami gejala gairah rendah atau impotensi

Berpotensi Gagah Kembali dalam 3 Hari Saja!

Jika Anda mengalami penyakit Impotensi atau Ejakulasi Dini segera tanya dengan Dokter yang sudah berpengalaman hanya di Klinik Lelaki GRATIS.

Tinggalkan Balasan