Waspada Testis Kecil Pertanda Gangguan Kesehatan

testis kecil

testis kecil

Mungkin Anda tidak memperhatikan orang tubuh yang satu ini. Tahukah Anda testis yang kecil dapat menandakan Anda mengalami gangguan kesehatan. Simak artikel ini!

Testis jarang diperhatikan oleh pria mau testis kecil atau besar pasti menganggap hal biasa dan wajar. Saat berhubungan intim mungkin Anda sering menganggap organ penis adalah kunci dari kesuksesan. Tanpa penis yang bekerja dengan maksimal dan memiliki ereksi yang kuat, hubungan intim tidak akan bisa berjalan dengan lancar. Namun, kalau Anda menginginkan keturunan dengan cepat, testis atau skrotum juga sangat dibutuhkan.

Baca juga: 7 Hal Yang Wanita Inginkan Ketika Bercinta

Testis adalah organ yang sangat penting pada sistem reproduksi pria. Fungsi testis adalah untuk memproduksi sperma dan hormon testosteron. Karena peranannya yang penting itu, kesehatan testis haruslah selalu dijaga, agar terhindar dari berbagai macam gangguan.

klinik lelaki

Ada beberapa gejala gangguan kesehatan yang ditandai dengan testis kecil. Dikutip dari Medical News Today Berikut gangguan kesehatanya:

  1. Testosteron rendah

Sebuah studi 2017 menemukan bahwa volume testis, bersama dengan indeks massa tubuh bisa menjadi predikator atau memprediksi kadar testosteron. Rata-rata, peserta dengan testosteron yang lebih rendah memiliki testikel yang lebih kecil.

  1. Varikokel

Beberapa orang dengan varikokel memiliki masalah dengan kesuburan. Sekitar 40% pria dengan infertilitas memiliki varikokel, meskipun ada juga pria dengan varikokel yang tidak memiliki infertilitas.

Beberapa individu dengan varikokel mungkin memperhatikan bahwa testis mereka menyusut atau bahwa satu testis tiba-tiba lebih kecil dari yang lainnya. Mereka juga mungkin mengalami rasa sakit yang mendalam di skrotum.

  1. Mengidap sindrom Klinefelter

Orang dengan sindrom Klinefelter cenderung lebih tinggi dari rata-rata dan memiliki testis kecil yang menghasilkan sedikit testosteron. Kebanyakan orang dengan sindrom Klinefelter spermanya tidak subur.

Sindrom Klinefelter juga dapat mempengaruhi perkembangan otak dan motorik. Anak-anak dengan kondisi ini mungkin memiliki koordinasi yang buruk atau menemukan keterampilan perilaku yang menantang untuk dipelajari.

  1. Atrofi testis

Atrofi testis adalah ketika testis menyusut. Dalam kasus Atrofi testis, testis menjadi lebih kecil karena hilangnya beberapa sel Germinal dan sel Leydig. Sel-sel Germinal menghasilkan sperma sedangkan sel-sel Leydig menghasilkan testosteron. Jika testis menyusut, seseorang bisa memiliki jumlah sperma yang lebih rendah, kadar testosteron yang lebih rendah, atau keduanya, karena hilangnya sel-sel ini.

  1. Kanker

Penurunan ukuran testis  dapat menjadi faktor risiko kanker testis . Siapa pun yang mengetahui bahwa testis mereka tiba-tiba lebih kecil harus mengunjungi dokter.

Mungkin sulit untuk membedakan gejala kanker testis dari jenis kanker lainnya. berikut ini Beberapa gejala kanker testis meliputi:

  • Sebuah benjolan pada testis.
  • Memiliki cairan dalam skrotum.
  • Memperbesar payudara.
  • Perasaan berat di testis atau skrotum.
  • Sakit tumpul di punggung atau perut.
  • Mengalami sesak napas.

Berpotensi Gagah Kembali dalam 3 Hari Saja!

Jika Anda mengalami penyakit Impotensi atau Ejakulasi Dini segerakan tanya dengan Dokter yang sudah berpengalaman hanya di Klinik Lelaki GRATIS.

Tinggalkan Balasan