Tidak Ereksi di pagi hari? Awas Gejala Impotensi!

ereksi di pagi hari

Pernahkah Anda mengalami ereksi di pagi hari? Ereksi di saat bangun tidur ternyata merupakan hal yang baik, akan tetapi jika Anda tidak mengalami hal tersebut hati-hati itu merupakan gejala awal impotensi. Simak artikel ini!

Salah satu masalah yang sering kali menimpa pria ketika sudah menginjak usia tua adalah Impotensi. Impotensi merupakan gangguan yang membuat penderitanya kesulitan untuk mempertahankan ereksi atau tidak bisa mempertahankan ereksi.

Namun, bukan berarti pria berusia muda bisa tenang karena dengan pola makan dan gaya hidup yang buruk pria muda juga bisa mengalami gangguan impotensi. Gejala impotensi ini sering kali tidak disadari oleh pria, gejalanya yaitu tidak ereksi di pagi hari. Kok bisa?

klinik lelaki

Impotensi Melanda, Muncul Gejala Tidak Ereksi di Pagi Hari

Ereksi yang terjadi ketika Anda tidur, dalam dunia kedokteran disebut dengan Nocturnal Penile Tumescence (NPT). Ereksi ini aktif pada fase Rapid Eye Movement (REM). Selama Fase REM berlangsung semua fungsi jaringan yang mendukung pria untuk ereksi di dalam penis akan diuji.

Saraf Parasimpatis akan memicu jaringan di tubuh untuk mengalirkan darah ke penis. Pada akhirnya, penis akan ereksi dan mengeras saat pria tertidur. Karena periode REM terakhir sering terjadi tepat setelah bangun, maka pria akan sering terbangun dalam keadaan ereksi.

Lalu apa yang terjadi jika pria tidak mengalami ereksi di pagi hari? Jika frekuensi Anda tidak mengalami ereksi ketika bangun tidur berlarut-larut maka Anda perlu waspada karena kemungkinan besar itu merupakan gejala awal Impotensi.

Ketika Anda tidak mengalami fase REM kemungkinan besar terjadi masalah pada area pembuluh darah yang mengatur penis ereksi. Jika hal ini dibiarkan berlarut-larut maka bisa menimbulkan masalah impotensi yang semakin parah.

Cara Melakukan Test Ereksi di Pagi Hari Secara Mandiri

Ketika pria sudah berusia lanjut antara 40 – 55 tahun biasanya kadar testosteron alami menurun sehingga terkadang menimbulkan gangguan ereksi. Selain itu penumpukan plak pada pembuluh darah di area penis juga menjadi salah satu faktor penyebab impotensi.

Melakukan test mengetahui apakah ereksi atau tidak di saat bangun tidur menjadi salah satu cara untuk mengetahui bahwa Anda mengalami impotensi. Coba lakukan pengecekan Nocturnal Penile Tumescence (NPT) untuk memeriksa apakah seorang pria mengalami ereksi normal selama tidur.

Cara melakukan pengecekan ini secara mandiri yaitu dengan menempelkan segulung prangko mengelilingi penis ketika akan tidur. Apabila Anda memasuki fase Rapid Eye Movement (REM) akan terlihat mengalami ereksi atau tidaknya ketika menempelkan prangko, kemudian jika ereksi prangko tersebut akan terlepas.

Impotensi merupakan masalah seksual yang sering kali di alami oleh banyak pria. Masalah ini harus segera di atasi karena bisa berdampak buruk pada keharmonisan rumah tangga Anda. Oleh karena itu ketika sudah mengalam gejala awal tidak ereksi di pagi hari segera lakukan pengecekan dengan cara di atas.

Referensi:
Menshealth.com 

Ilustrasi gambar by Freepik

Tinggalkan Balasan